Rabu, 11 April 2018

Esensi Rohmatan Lil 'Alamin

Islam rohmatan lil 'alamin maknanya dijelaskan oleh para ahli ilmu:

عموم العالمين حصل لهم النفع برسالته

"Seluruh yang ada di alam ini memperoleh manfaat kebaikan dengan risalahnya Nabi Muhammad ﷺ." (Jala'ul Afham hal. 115)

Pada prinsipnya Islam yang dibawa Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan kebaikan bagi kehidupan individu dan masyarakat. 

Tidaklah beliau ﷺ memerintahkan suatu perkara melainkan kemaslahatannya murni, kalaupun ada kesulitannya maka maslahatnya jauh lebih besar. Dan tidaklah beliau ﷺ melarang suatu perkara melainkan karena murni mafsadahnya, kalaupun ada keuntungannya maka mafsadahnya jauh lebih besar.

Kemaslahatan itu tidak hanya dinikmati oleh umat Islam tetapi juga dirasakan orang-orang kafir yang mau hidup berdampingan dengan kaum muslimin atau menjalin perjanjian damai. 

Bahkan kemaslahatan itu juga dirasakan oleh makhluk Allah yang lain dari kalangan satwa baik yang hidup bebas maupun dipelihara oleh manusia tidak boleh diperlakukan secara zalim.

Islam rohmatan lil 'alamin juga menjunjung tinggi keadilan baik terhadap muslim maupun orang-orang kafir. Kita lihat bagaimana law enforcement (penegakkan hukum) yang berlaku pada masa Rosulullah ﷺ, andaikata kesalahan itu berasal dari keluarga beliau sendiri maka beliau tidak pandang bulu dan tidak ada yang kebal hukum. Beliau ﷺ mengingatkan:

إنما أهلك الذين قبلكم أنهم كانوا إذا سرق فيهم الشريف تركوه وإذا سرق فيهم الضعيف أقاموا عليه الحد

"Sesungguhnya yang membinasakan umat sebelum kalian adalah apabila orang yang berkedudukan di antara mereka ada yang mencuri maka mereka biarkan, tetapi bila yang mencuri dari kalangan lemah maka hukum mereka tegakkan." (HR. Ahmad 25366, Al-Bukhori 3475, Muslim 1688 dari Aisyah rodhiyallahu 'anha)

Alhasil, Islam rohmatan lil 'alamin jauh berbeda dengan Islam kekinian, Islam bebas tafsir, Islam yang berkebudayaan. Bukan pula Islam yang mengusung paham destruktif dan membela Islam dengan cara melampaui batas.

Semua itu bukan representasi Islam dan tidak ada hubungannya dengan Islam. Islam rohmatan lil 'alamin pada hakikatnya Islam yang diajarkan Nabi ﷺ dan diteladani oleh para shohabatnya.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar