Minggu, 08 April 2018

Bermuamalah yang Baik dengan Manusia

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:

والسعادة في معاملة الخلق : أن تعاملهم لله فترجو الله فيهم ولا ترجوهم في الله وتخافه فيهم ولا تخافهم في الله ، وتحسن إليهم رجاء ثواب الله لا لمكافأتهم وتكف عن ظلمهم خوفا من الله لا منهم 

“Kunci kebahagiaan dalam bermuamalah dengan manusia adalah engkau bermuamalah dengan mereka karena Allah, maka berharaplah kepada Allah dalam muamalahmu dengan mereka, dan janganlah engkau berharap kepada mereka dalam muamalahmu dengan Allah. Dan kamu takut kepada-Nya dalam muamalahmu dengan mereka, dan janganlah kamu takut kepada mereka dalam muamalahmu dengan Allah, serta kamu berbuat baik kepada mereka karena mengharapkan ganjaran dari Allah bukan karena mengharapkan balasan mereka. Dan kamu menahan diri dari menzalimi mereka karena takut kepada Allah bukan kepada mereka." (Majmu' Fatawa 1/51)

Syaikh Al-'Allamah Muqbil bin Hadi Al-Wadi'i berkata, "Wanita Salafiyyah semestinya bermuamalah yang baik dengan kaum Muslimin bahkan dengan orang-orang kafir sekalipun. Allah berfirman, "Dan ucapkanlah kata-kata yang baik terhadap manusia." (As'ilah Ummi Yasir Al-Faronsiyyah)
____________

Fikri Abul Hasan



0 comments:

Posting Komentar