Rabu, 31 Januari 2018

Wanita Hamil Tidak Boleh Keluar Saat Gerhana?

Ustadz apakah wanita yang sedang hamil harus duduk dikamar menyendiri tidak boleh keluar kamar saat berlangsungnya gerhana? Bagaimana menurut tinjauan syariat?

Jawab: Melarang wanita hamil keluar saat terjadi gerhana adalah mitos masyarakat India yang bertolak belakang dengan aqidah Islam. Anggapan semacam itu termasuk tathoyyur (anggapan sial) seperti yang digandrungi oleh masyarakat jahiliyyah di masa silam.

Terjadinya gerhana Matahari dan bulan adalah tanda-tanda kebesaran Allah dan kekuasaan-Nya yang Mahasempurna. Di antara hikmahnya yaitu agar manusia memperhatikan kekuasaan Allah, takut kepada-Nya, bertaubat, berdzikir, berlindung kepada Allah dan menunaikan sholat. Maka terjadinya gerhana sama sekali bukan sebagai pertanda adanya keburukan atau kesialan. 

Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

إن الشمس والقمر آيتان من آيات الله ، لا ينخسفان لموت أحد ولا لحياته ، فإذا رأيتم ذلك فادعوا الله وكبروا ، وصلوا ، وتصدقوا

"Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda dari tanda-tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana bukanlah karena kematian atau lahirnya seseorang. Maka apabila kalian melihat gerhana, berdoalah kepada Allah, bertakbirlah, dirikanlah sholat dan bersedekahlah.” (HR. Al-Bukhori)
___________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar