Senin, 15 Januari 2018

Orang-Orang yang Mati Syahid

Dari Abu Huroiroh, bahwa Rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

الشهداء خمسة: المطعون والمبطون والغرِق وصاحب الهدم والشهيد في سبيل الله

"Orang-orang yang mati syahid ada lima, mereka yang terkena wabah tho'un, penyakit perut, tenggelam, tertimpa bangunan, dan syahid di jalan Allah." (HR. Al-Bukhori 2829 dan Muslim 1914)

Dari Jabir bin 'Atik rodhiyallahu ‘anhu, Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الشهادة سبع سوى القتل في سبيل الله: المطعون شهيد، والغرق شهيد ، وصاحب ذات الجنب شهيد، والمبطون شهيد ، وصاحب الحريق شهيد، والذي يموت تحت الهدم شهيد، والمرأة تموت بجُمْع شهيدة

“Orang yang mati syahid ada tujuh; selain mereka yang mati syahid karena berperang di jalan Allah. Orang yang mati karena wabah tho'un syahid, mati karena tenggelam syahid, mati karena penyakit radang selaput dada syahid, mati karena penyakit perut syahid, mati karena terbakar syahid, mati karena tertimpa bangunan syahid, wanita yang mati karena melahirkan syahid.” (HR. Ahmad 23804, Abu Dawud 3111, An-Nasa'i 1846 dan dinilai shohih Syaikh Al-Albani dalam "Shohih Sunan Abi Dawud")

Para Ulama menjelaskan, "Orang-orang yang mati syahid bukan karena berperang di jalan Allah, mereka mendapat pahala syahid di akhirat, sedangkan di dunia jenazahnya tetap dimandikan dan disholatkan. Demikian yang disampaikan oleh Al-Imam An-Nawawi dalam "Syarh Shohih Muslim" 13/63.
____________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar