Minggu, 21 Januari 2018

Bacalah Al-Qur'an Jangan Kau Tinggalkan (Keistimewaan Membaca Al-Qur'an & Mempelajarinya)

Dari Utsman bin 'Affan, dari Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:

خيركم من تعلم القرآن وعلمه

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya.” (HR. Al-Bukhori 5027, Abu Dawud 1452, At-Tirmidzi 2907)

Al-Imam Al-Munawi menjelaskan, "Sebaik-baik perkataan adalah firman Allah, maka sebaik-baik orang setelah para Nabi adalah yang sibuk mempelajari Al-Qur'an dan mengajarkannya."

Dari ‘Aisyah, Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

الماهر بالقرآن مع السفرة الكرام البررة والذي يقرأ القرآن ويتتعتع فيه وهو عليه شاق له أجران

“Orang yang mahir membaca Al-Qur'an maka di akhirat dia bersama para malaikat yang mulia. Sedangkan orang yang membaca Al-Qur'an terbata-bata dan dia sulit membacanya, maka dia mendapat dua pahala.”  (HR. Muslim 798)

Al-Imam An-Nawawi menjelaskan yang dimaksud mahir, "Yakni orang yang cakap, sempurna, hapal, lancar bacaannya tidak kesulitan."

Dari Abu Musa Al-Asy’ari, dari Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

مثل الذي يقرأ القرآن كالأترجة ، طعمها طيب وريحها طيب والذي لا يقرأ القرآن كالتمرة ، طعمها طيب ولا ريح لها ، ومثل الفاجر الذي يقرأ القرآن كمثل الريحانة ، ريحها طيب وطعمها مر ، ومثل الفاجر الذي لا يقرأ القرآن كمثل الحنظلة طعمها مر ولا ريح لها

“Perumpamaan orang yang membaca Al-Qur'an bagai buah Utrujjah, rasanya lezat dan aromanya enak. Sedangkan orang yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah kurma, rasanya manis tetapi aromanya tidak ada. Adapun orang fajir yang membaca Al-Qur'an maka perumpamaannya seperti buah Roihanah, aromanya enak tetapi rasanya pahit. Sedangkan orang fajir yang tidak membaca Al-Qur'an seperti buah Hanzholah, rasanya pahit dan aromanya juga tidak enak.” (HR. Al-Bukhori 5020)

Bagaimanapun sibuknya urusan dunia jangan sampai membuat diri lalai dari membaca Al-Qur’an dan mempelajarinya. Dawamkan membaca Al-Qur'an meski hanya dengan lima ayat atau sepuluh ayat setiap hari. Allah berfirman:

إن الذين يتلون كتاب الله وأقاموا الصلاة وأنفقوا مما رزقناهم سرا وعلانية يرجون تجارة لن تبور • ليوفيهم أجورهم ويزيدهم من فضله إنه غفور شكور 

“Sesungguhnya orang-orang yang senantiasa membaca Al-Qur’an, dan menegakkan sholat, dan menafkahkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak ada ruginya. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka, dan menambah karunia-Nya kepada mereka. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Fathir: 29-30)

Dari Abu Umamah Al-Bahili, dia berkata, “Aku mendengar Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابهِ

“Bacalah oleh kalian Al-Qur’an karena sungguh dia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim 804)

Semoga ayat-ayat yang kita baca dapat menjadi penyejuk hati, penghilang gundah gulana, serta membuahkan ketaatan kepada Allah dan Rosul-Nya shollallahu 'alaihi wasallam.
_______

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar