Selasa, 24 Oktober 2017

Wajib Menuntut Ilmu Apapun Profesinya

Terkait kesungguhan menuntut ilmu, bagaimana dengan ibu rumah tangga ustadz yang hanya mendatangi majelis ilmu sepekan sekali saja, apakah hal tersebut cukup?

Jawab: Kebutuhan ilmu bagi manusia sesungguhnya melebihi kebutuhan makan dan minum. Al-Imam Ahmad bin Hanbal berkata:

الناس يحتاجون إلى العلم قبل الخبز والماء لأن العلم يحتاج إليه الانسان في كل ساعة، والخبز والماء في اليوم مرة أو مرتين

"Manusia lebih butuh ilmu agama ketimbang roti dan air, karena ilmu dibutuhkan setiap saat, sedang roti dan air dalam sehari hanya sekali atau dua kali." (Thobaqot Al-Hanabilah 1/390)

Ilmu yang paling utama untuk dipelajari adalah ilmu yang hukumnya fardhu 'ain (wajib dipelajari atas setiap individu), khususnya ilmu tentang tauhid, aqidah yang benar dan manhaj dalam beragama. Ilmu-ilmu ini dipelajari untuk mengangkat kebodohan dari dalam diri dan agar selamat dari kesesatan.

Adapun bagi ibu rumah tangga maka lebih utama menuntut ilmu dari suaminya jika suami mampu mengajarinya, atau menghadiri majelis-majelis ilmu yang tidak jauh dari rumahnya, atau menggunakan buku atau media lainnya sambil bertanya kepada para ahli ketika mendapati suatu masalah. Dan kewajibannya dalam menuntut ilmu jangan sampai menelantarkan kewajibannya terhadap suami dan anak-anak.

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
https://t.me/manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar