Rabu, 04 Oktober 2017

Syubhat "Tidak Membid'ahkan Orang yang Menampakkan Bid'ah Sampai Ditegakkan Hujjah"

Syaikh Al-'Allamah Sholih Al-Fawzan ditanya terkait pemikiran baru yang tersebar di antara pemuda dimana dikatakan, "Kita tidak membid'ahkan orang yang menampakkan bid'ah sampai kita tegakkan hujjah"?

Beliau -hafidzhohullah- menjawab:

وأما إن فعله عن جهل وظن أنه حق ولم يبين له ، فهذا معذور بالجهل ، لكن في واقع أمره يكون مبتدعا ، ويكون عمله هذا بدعة ، ونحن نعامله معاملة المبتدع ، ونعتبر أن عمله هذا بدعة. 

"Adapun apabila dia berbuat bid'ah lantaran kejahilannya (tidak mengerti) dan menyangka dirinya di atas kebenaran dan belum ada yang memberi penjelasan kepadanya, maka dia diberi 'udzur (dimaklumi) karena kejahilannya. Akan tetapi pada realitanya dia tergolong ahlul bid'ah dan amalannya itu bid'ah, dan muamalah kami bersamanya seperti muamalah kami terhadap ahlul bid'ah, dan kami menganggap amalannya adalah amalan bid'ah.

وننصح الشباب الذين يسلكون هذا المنهج ، و يحكمون على الأشياء حسب أهوائهم : أن يتقوا الله ، وأن لا يتكلموا في الدين إلا عن علم ومعرفة 

Dan kami nasehatkan para pemuda yang berjalan di atas manhaj yang batil itu, dan menghukumi segala perkara menurut hawa nafsu mereka, maka hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan janganlah berbicara dalam urusan agama ini kecuali dengan ilmu dan pemahaman yang benar." (Al-Muntaqo Min Fatawa Syaikh Sholih Al-Fawzan 1/527 secara ringkas)

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
https://t.me/manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar