Sabtu, 07 Oktober 2017

Referensi Kitab-Kitab Aqidah

Mohon nasehatnya Ustadz kitab-kitab aqidah apa saja yang perlu dipelajari oleh para penuntut ilmu khususnya bagi pemula?

Jawab: Kitab-kitab aqidah yang dinasehatkan oleh para Ulama untuk dipelajari para penuntut ilmu antara lain sebagai berikut:

(1). Kitab "Tsalatsatul Ushul" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang penjelasan tauhid, tiga hal yang wajib diketahui oleh setiap muslim, dan prinsip al-wala' wal baro'. Kitab ini disyarh (diberi penjelasan) oleh para Ulama di antaranya Syaikh bin Baz, Syaikh Muhammad Aman Al-Jami, Syaikh Zaid Al-Madkholi.

(2). Kitab "Kasyfus Syubuhat" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang penetapan tauhid, penjelasan lawannya tauhid yaitu syirik, serta membantah syubuhat (kerancuan-kerancuan) yang dilontarkan ahlul batil dari kalangan penyembah kubur. Kitab ini disyarh oleh Syaikh bin Baz, Syaikh Muhammad bin Sholih Al-'Utsaimin, Syaikh Sholih Al-Fawzan dan para Ulama yang lainnya.

(3). Kitab "Al-Qowa'idul Arba'" karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab. Kitab ini berisi tentang empat kaidah penting dalam memahami esensi tauhid dan syirik, serta penjelasan kemusyrikan yang dilakukan oleh orang-orang di zaman ini yang jauh lebih parah. Kitab ini disyarh oleh Syaikh bin Baz, Syaikh Sholih Al-Fawzan, Syaikh Abdurrozzaq Al-Badr (audio).

(4). Kitab "Fat-hul Majid" karya Syaikh Abdurrohman bin Hasan Alu Syaikh. Kitab ini berisi penjelasan atas _"Kitab Tauhid"_ karya Syaikhul Islam Muhammad bin Abdil Wahhab dengan penjelasan yang sangat luas dan argumentatif. Kitab ini diberi ta'liq (komentar) oleh Syaikh Muhammad Hamid Al-Faqi.

(5). Kitab "Al-'Aqidah Al-Wasithiyyah" karya Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah. Kitab ini ditulis atas permintaan seorang Qodhi (hakim) dari kota Wasith di Iraq. Kitab ini mengulas definisi Ahlussunnah wal Jamaah, tauhid al-asma' was shifat, Al-Qur'an kalamullah bukan makhluk, iman, qodho dan qodar, kedudukan para Shohabat, syafaat, kiamat dan segala sesuatu yang berkaitan dengan aqidah Ahlussunnah. Kitab ini banyak disyarh oleh para Ulama.

(6). Kitab "Al-Aqidah Ath-Thohawiyyah" karya Abu Ja'far Ath-Thohawi. Kitab ini merangkum pokok-pokok aqidah Ahlussunnah wal Jamaah. Syarhnya yang populer ditulis oleh Al-Imam Ibnu Abil 'Izz Al-Hanafi dan sudah ditahdzib, ditakhrij, dita'liq oleh Syaikh Abdul Akhir Hammad Al-Ghunaimi.

(7). Kitab "Aqidatussalafi Ash-habil Hadits" karya Al-Imam Ash-Shobuni Asy-Syafii. Kitab ini juga merangkum pokok-pokok aqidah Ahlussunnah wal Jamaah, disyarh oleh Syaikh Robi' bin Hadi Al-Madkholi.

(8). Kitab "Syarhussunnah" karya Al-Imam Al-Muzani (murid Al-Imam Asy-Syafii) disyarh oleh Syaikh Abdul Aziz Ar-Rojihi. Juga "Syarhussunnah" karya Al-Imam Al-Barbahari disyarh oleh Syaikh Ahmad An-Najmi dan Syaikh Sholih Al-Fawzan.

(9). Kitab "Syarh Ushul I'tiqod Ahlissunnah" karya Al-Imam Al-Lalaka'i yang ditahqiq oleh Syaikh Ahmad bin Sa'd Al-Ghomidi.

(10). Kitab "Ushulussunnah" karya Al-Imam Ahmad yang disyarh oleh Syaikh Robi' bin Hadi Al-Madkholi.

Insyaallah melalui kitab-kitab tersebut para tholabatul ilmi akan mengenal lebih dekat aqidah Nabi shollallahu 'alaihi wasallam dan para shohabat secara pasti dan meyakinkan, mampu membedakan al-haq dari al-batil, menguatkan manhaj dan keimanan utamanya di masa fitnah seperti sekarang. Karena kedudukan aqidah laksana pondasi bagi sebuah bangunan.

https://t.me/manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar