Jumat, 01 September 2017

Istimewanya 'Iedul Adh-ha Tahun Ini

'Ied kali ini sungguh istimewa, terhimpun di dalamnya banyak keutamaan dan amalan-amalan yang mulia. Keutamaan hari jumat sebagai "sayyidul ayyam" (penghulunya hari), keutamaan hari nahr sebagai "a'dzhomul ayyam" (hari teragung), hari dilangsungkannya haji akbar dan ibadah qurban. 

Dari Abu Lubabah bin 'Abd Al-Mundzir rodhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda:

 إن يوم الجمعة سيد الأيام وأعظمها عند الله وهو أعظم عند الله من يوم الأضحى ويوم الفطر فيه خمس خلال خلق الله فيه آدم وأهبط الله فيه آدم إلى الأرض وفيه توفى الله آدم وفيه ساعة لا يسأل الله فيها العبد شيئا إلا أعطاه ما لم يسأل حراما وفيه تقوم الساعة ما من ملك مقرب ولا سماء ولا أرض ولا رياح ولا جبال ولا بحر إلا وهن يشفقن من يوم الجمعة

“Hari jumat adalah penghulunya hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari yang lebih mulia di sisi Allah dari hari raya 'Iedul Adh-ha dan 'Iedul Fithri. Pada hari jumat terjadi lima peristiwa, yaitu diciptakannya Adam, diturunkannya Adam ke bumi, diwafatkannya Adam, di hari jumat ada waktu yang apabila seseorang memohon kepada Allah maka akan dikabulkan selama dia tidak meminta yang harom, dan di hari jumat juga terjadinya hari kiamat. Tidaklah ada malaikat yang dekat di sisi Allah, di bumi, di langit, di udara, di gunung, di lautan, melainkan mereka dirohmati di hari jumat.” (HR. Ibnu Majah 1084 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam "Shohihul Jami'" 2279)

Beliau juga bersabda:

إن أعظم الأيام عند الله يوم النحر 

“Sesungguhnya hari yang paling agung di sisi Allah adalah hari nahr.” (HR. Abu Dawud 1765 dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam "Shohih Abi Dawud")

Dari Ibnu Umar rodhiyallahu 'anhuma berkata:

وقف النبي صلى الله عليه وسلم يوم النحر بين الجمرات في الحجة التي حج وقال هذا يوم الحج الأكبر 

“Nabi shollallahu 'alaihi wasallam berdiam di hari nahr di antara jamarot sewaktu menunaikan ibadah haji dan beliau bersabda, "Ini adalah hari haji akbar.” (HR. Al-Bukhori 1742)

Semua keutamaan ini adalah karunia Allah yang patut kita syukuri dengan menjalankan ketaatan dan saling bahu-membahu dalam kebaikan dan taqwa. 

Selamat hari raya 'Iedul Adh-ha 10 Dzulhijjah 1438 hijriyah, taqobbalallaahu minnaa wa minkum.

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
https://t.me/manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar