Senin, 18 September 2017

Ciri Khas Salafiyyah (Syaikh Sulaiman Ar-Ruhaili)

(1). Salafiyyah hakikatnya cara beragama yang benar yang sudah sepatutnya kaum muslimin seluruhnya menisbatkan diri kepada kebenaran. 

(2). Salafiyyah seluruhnya keadilan, kejujuran dan rohmatan lil 'alamin. 

(3). Salafiyyah berlaku adil, jujur, dan menjadi nasihat bagi semua pihak baik yang jauh maupun yang dekat.

(4). Salafiyyah menjelaskan yang haq kepada manusia sebagai rohmat bagi mereka dan menunaikan kewajiban.

(5). Salafiyyin paling mencintai kaum muslimin agar memperoleh hidayah dan sunnah.

(6). Salafiyyah mengajak manusia kepada jalan Allah dan sunnah Rosul-Nya ﷺ serta menjelaskan lawannya bid'ah agar manusia tidak terpedaya oleh kesesatan.

(7). Salafiyyah adalah cahaya yang terang dan kebaikan yang besar yang selayaknya kita tampakkan di tengah-tengah manusia. 

(8). Jika manusia menyadari keadilan, kebaikan, dan keistimewaan Salafiyyah mereka akan mudah menerimanya, maka para penuntut ilmu wajib menjelaskannya dengan baik terlebih pada zaman ini yang dimunculkan stigma terhadap manhaj Salaf.

(9). Adanya orang-orang yang mengaku mengikuti Salaf tetapi tidak berjalan di atas ushul salafiyyah dan tidak mencerminkan perilaku Salaf sehingga manusia menyangka demikianlah salafiyyah lalu membuat orang lari darinya.

(10). Salafiyyah adalah cara beragama para shohabat Nabi yang diikuti oleh para ulama setelahnya dan diwariskan turun-temurun dengan silsilah keilmuan yang terang.

Transkrip dan diterjemahkan dari audio "Min Awshofis Salafiyyah"

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar