Senin, 07 Agustus 2017

Siapakah yang Dimaksud Orang yang Takut dalam Ayat Ini?

Allah berfirman: 

والذين يؤتون ماآتوا وقلوبهم وجلة

"Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan sedang hati mereka dalam keadaan takut." (Al-Mu'minun: 60)

'Aisyah yang berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rosulullah tentang ayat ini, “Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan sedang hati mereka dalam keadaan takut”, apakah yang dimaksud dalam ayat ini adalah orang yang minum khomr dan mencuri sedang mereka takut kepada Allah?" Beliau menjawab, "Tidak, wahai anak perempuan Ash-Shiddiq, bahkan yang dimaksud adalah orang-orang yang berpuasa, mendirikan sholat dan bersedekah sedang mereka sangat takut kepada Allah jika saja amalannya tidak diterima. Mereka adalah orang-orang yang berlomba-lomba dalam kebaikan." (HR. At-Tirmidzi, Ibnu Abi Hatim - Tafsir Ibnu Katsir 1/176)

Syaikh Al-'Allamah Robi' bin Hadi Al-Madkholi berkata, "Mukmin yang jujur, kuat imannya, dia beramal sholih dalam keadaan takut kepada Allah jika amalannya tidak diterima, terkadang dia merasa ada yang luput dari syarat-syaratnya maupun kewajiban-kewajibannya dalam beramal." (Syarh Aqidatis Salaf Ash-habil Hadits hal. 189) 

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
https://t.me/manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar