Sabtu, 29 April 2017

Takut Kepada Allah Ibadah

"Al-Khouf" (takut) kepada Allah termasuk ibadahnya hati sebagaimana "Al-Mahabbah" (cinta). Allah berfirman:

إنما ذلكم الشيطان يخوف أولياءه فلا تخافوهم وخافون إن كنتم مؤمنين

“Sesungguhnya mereka itu hanyalah syaithon yang menakut-nakuti (kamu) dengan teman-teman setianya, karena itu janganlah kamu takut kepada mereka tetapi takutlah kepada-Ku, jika kamu benar-benar orang yang beriman.” (Al-‘Imron: 175)

Takutnya seorang hamba kepada Allah sesungguhnya lahir dari ma'rifatullah yaitu pengenalannya yang benar terhadap Allah yang meliputi nama-nama-Nya yang agung dan sifat-sifat-Nya yang mulia. Sebab itu pihak yang paling takut kepada Allah adalah para Ulama, orang-orang berilmu yang mewarisi ilmu dan amalnya para Nabi. Allah berfirman:

إنما يخشى الله من عباده العلماء

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya hanyalah Ulama.” (Fathir: 28)

Maka bila semakin bertambah ilmunya tentang Al-Qur'an was Sunnah akan semakin besar rasa takutnya kepada Allah. Inilah yang disebut ilmu yang bermanfaat, ilmu yang membuahkan rasa takut kepada Allah. Sedangkan orang yang sedikit rasa takutnya akan mendorong dia berani melanggar larangan-larangan Allah dan meremehkan perintah-Nya.

Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu berkata:

كفى بخشية الله علما وكفى بالاغترار به جهلا

"Cukuplah seseorang dikatakan berilmu tatkala ia takut kepada Allah, dan cukuplah seseorang itu dikatakan bodoh manakala ia tertipu dengan perbuatannya (meremehkan dosa dengan alasan "Allah Mahapengampun", -pent).” (Riwayat Ibnu Abi Syaibah dalam Al-Mushonnaf 34352)

Sa'id bin Jubair berkata, "Sesungguhnya rasa takut itu adalah bila engkau takut kepada Allah sehingga menghalangi dirimu dari kemaksiatan. Sedangkan dzikir itu adalah ketaatan kepada Allah. Barangsiapa yang menaati Allah berarti dia telah berdzikir kepada-Nya. Barangsiapa yang tidak menaati-Nya maka dia bukanlah orang yang berdzikir sekalipun dia banyak bertasbih dan membaca Qur'an." (Hilyatul Awliya' 4/276)

Abul Qosim Al-Hakim berkata, "Orang yang takut dari sesuatu maka dia akan lari menjauhinya. Adapun orang yang takut kepada Allah justru dia akan datang mendekati-Nya." (Tazkiyatun Nufus wa Tarbiyatuha hal. 117)

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
http://bit.ly/2o6nfMe

0 comments:

Posting Komentar