Sabtu, 04 Maret 2017

Jabat Tangan Wanita Non Mahrom

Muhammad bin Abdillah bin Mihron berkata:

سُئل أبو عبد الله عن الرجل يصافح المرأة قال: لا ، وشدد فيه جداً، قلت: فيصافحها بثوبه، قال: لا. قال رجل: فإن كان ذا رحم قال: لا ، قلت: ابنته، قال: إذا كانت ابنته فلا بأس

Ditanyakan kepada Abu Abdillah (yakni Imam Ahmad) tentang seorang laki-laki yang berjabat tangan dengan seorang wanita (bukan mahrom), beliau menjawab, “Tidak boleh!”, dan beliau sangat tegas dalam masalah ini. Lalu aku bertanya, “Bagaimana jika jabat tangannya dilapisi kain?" Beliau menjawab, "Tidak boleh!”. Ada yang bertanya lagi, “Sekalipun dia punya hubungan kekerabatan (non mahrom)? Beliau menjawab, “Tidak boleh!” Aku bertanya lagi, "Puterinya sendiri?" Beliau menjawab, "Puterinya sendiri tidak mengapa”. (Kassyaful Qina' 2/154)

Syaikh Al-'Allamah Abdul 'Aziz bin Baz berkata, “Tidak boleh berjabat tangan dengan wanita yang bukan mahrom secara mutlak, baik wanita itu masih muda ataupun sudah tua, baik laki-laki yang menjabat tangannya masih muda ataupun sudah tua, karena hal itu dapat menimbulkan fitnah. Telah shohih riwayat dari Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam:

إني لا أصافح النساء

“Sesungguhnya aku tidak berjabat tangan dengan wanita.” (HR. Ahmad 26466, An-Nasa’i 4181, Ibnu Majah 2874)

'Aisyah rodhiyallahu ‘anha berkata:

ما مست يد رسول الله صلى الله عليه وسلم يد امرأة قط غير أنه يبايعهن بالكلام

“Tangan Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah menyentuh tangan wanita (bukan mahrom), beliau membaiat mereka dengan ucapan.” (Riwayat Al-Bukhori 5388 dan Muslim 1866)

Sama saja apakah menjabat tangan ditutupi dengan pelapis ataukah tidak, karena keumuman dalil telah menunjukkan larangannya dan ini dalam rangka menutup pintu fitnah." (Majallah Ad-Da’wah edisi 885)

Fikri Abul Hasan

Telegram Channel
Join @manhajulhaq

0 comments:

Posting Komentar