Sabtu, 04 Februari 2017

Fitnah Akhir Zaman

Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu berkata:

إنكم في زمان كثير فقهاؤه قليل خطباؤه، قليل سؤاله كثير معطوه، العمل فيه قائد للهوى، وسيأتي من بعدكم زمان قليل فقهاؤه كثير خطباؤه، كثير سؤاله قليل معطوه، الهوى فيه قائد للعمل، اعلموا أن حسن الهدي في آخر الزمان خير من بعض العمل

“Sungguh kalian hidup di zaman fuqoha' (ahli ilmunya) banyak, khuthoba' (penceramahnya) sedikit, sedikit pula yang meminta-minta namun banyak yang memberi; di masa seperti ini amalnya seseorang yang mengendalikan hawa nafsunya. Dan kelak akan datang suatu zaman dimana fuqoha'-nya sedikit, khuthoba'-nya banyak, banyak yang meminta-minta namun sedikit yang memberi, di masa seperti itu hawa nafsu yang memimpin amalannya. Ketahuilah oleh kalian, bahwa baiknya petunjuk (ilmu dan pemahaman) di akhir zaman lebih baik dari melakukan sebagian amalan." (Riwayat Imam Malik dalam "Al-Muwattho' 1/173, Al-Bukhori dalam "Al-Adabul Mufrod" 785, Al-Hafidzh Ibnu Hajar Al-'Asqolani dalam "Al-Fath" 10/510 berkata, "Sanadnya shohih", dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam "Shohih Al-Adabul Mufrod")

Beliau juga berkata:

اقتصاد في سنة خير من اجتهاد  في بدعة

“Sederhana tetapi di atas sunnah Nabi itu lebih baik daripada bersungguh-sungguh namun di atas bid’ah.” (Riwayat Al-Lalika'i dalam "Syarh Ushul I'tiqod Ahlissunnah" no. 114, Al-Hakim dalam "Al-Mustadrok" no. 352 shohih sesuai syarat Al-Bukhori dan Muslim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, Ad-Darimi dalam "Sunan"-nya no. 223, dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam "Shohih At-Targhib" no. 41)

Nasehat Ibnu Mas'ud mengingatkan kita untuk berpegang teguh dengan manhaj Salaf, bertafaqquh memperdalam agama dan mengamalkannya di masa-masa fitnah agar selamat dari syahwat (hawa nafsu) maupun syubhat (kerancuan).

Fikri Abul Hasan 


0 comments:

Posting Komentar