Sabtu, 03 Desember 2016

Menyikapi Fitnah Syubhat

Syaikh Al-'Allamah Sholih Al-Fawzan menasehatkan:

موقفه أن يتعَّلم أولاً ، يتعلمُ العقيدةَ الصحيحةَ، الطريقَ السليم. ثانيا : إذا أشكلَ عليه شيءٌ يسأل أهلَ العلم، ويلزم جماعة المسلمين وإمامهم، ويحذر من الفرق الضالة والفرق المنحرفة وأصحاب الأهواء، ويسأل الله الثبات على الحق وعلى الدين. 

"Sikap seorang muslim dalam menghadapi fitnah, pertama, hendaknya dia pelajari aqidah yang benar, manhaj yang lurus. Kedua, bila terjadi persoalan maka bertanyalah kepada ahlul ilmi, berjalanlah bersama kaum Muslimin dan imam mereka di atas kebenaran, waspadalah dari kelompok-kelompok sesat, kelompok-kelompok yang menyelisihi sunnah, serta ahlul bid'ah, dan mohonlah kepada Allah keteguhan di atas al-haq dan di atas agama." (http://www.alfawzan.af.org.sa/node/16463)

Tetap berpegang teguh dengan sunnah, jangan pedulikan omongan orang. Ibnu Mas'ud rodhiyallahu 'anhu berkata:

اقتصاد في سنة خير من اجتهاد في بدعة

“Sederhana dalam mengikuti sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh namun di atas bid’ah.” (Riwayat Al-Hakim dalam Al-Mustadrok 352 shohih sesuai syarat Al-Bukhori dan Muslim dan disepakati oleh Adz-Dzahabi, Ad-Darimi 223, Al-Baihaqi "As-Sunanul Kubro" 4745 dishohihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam "Shohih At-Targhib" 41)
_____________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar