Sabtu, 19 November 2016

Sosok Ulama Rujukan

Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin, "Ulama terbagi menjadi tiga yaitu Ulama Millah, Ulama Daulah, Ulama Ummah:

أما عالم الْملة: فهو الذي ينشر دين الإسلام ويفتي بدين الإسلام عن علم ولا يبالي بما دل عليه الشرع أوافق أهواء الناس أم لم يوافق

Ulama Millah yaitu ulama yang menyebarkan ajaran Islam dan berfatwa tentang ajaran Islam di atas ilmu, dan dia tidak peduli apakah dalil-dalil syariat yang disampaikannya itu sesuai dengan selera manusia ataukah tidak.

وأما عالم الدولة: فهو الذي ينظر ماذا تريد الدولة فيفتي بما تريد الدولة ولو كان في ذلك تحريف كتاب الله وسنة رسوله-صلى الله عليه وسلم-.

Ulama Daulah yaitu ulama yang mempertimbangkan apa yang diinginkan oleh pemerintahnya lalu dia berfatwa sesuai dengan selera pemerintah meski risikonya harus mengubah ketentuan Al-Qur'an dan sunnah Rosul-Nya ﷺ.

وأما عالم الأمة: فهو الذي ينظر ماذا يرضي الناس إذا رأى الناس على شيء أفتى بما يرضيهم ثم يحاول أن يحرف نصوص الكتاب والسنة من أجل موافقة أهواء الناس

Ulama Ummah yaitu ulama yang mempertimbangkan selera manusia, bila dia melihat manusia sedang gandrung terhadap sesuatu maka dia berfatwa sesuai apa yang diridhoi oleh mereka kemudian berusaha menerjemahkan dalil-dalil Al-Qur'an was Sunnah demi mencocoki selera manusia.

نسأل الله أن يجعلنا من علماء الملة العاملين بها

Kami memohon kepada Allah agar menjadikan kita termasuk ulama Millah." (Syarh Riyadhussholihin 4/307-308)

Ulama Millah adalah ulama yang lurus manhaj dan lurus aqidah. Merekalah yang disebut "warotsatul anbiya'" karena mewarisi ilmu, amal dan dakwahnya para Nabi. Mereka memisahkan al-haq dari al-batil, membedakan tauhid dari syirik, sunnah dari bid'ah, ahlussunnah dari ahlul bid'ah. 

Sosok ulama seperti itu yang Allah perintahkan manusia merujuk kepadanya.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar