Senin, 21 November 2016

Ibrah Meninggalkan Sesuatu Karena Allah

Yusuf Ash-Shiddiq ‘alaihissalam meninggalkan isteri tuannya karena Allah, beliau lebih memilih dipenjara daripada menuruti hawa nafsunya yang mengajak berbuat keji. Maka Allah memberi ganti untuk beliau berupa kekuasaan di muka bumi dengan mencapai tahta seperti yang dikehendakinya. Bahkan datang seorang wanita kepada Yusuf yang dengan kerelaannya meminta dinikahi maka beliau pun menikahinya. 

Perhatikanlah bagaimana Allah ta’ala membalas perbuatan Yusuf setelah dirinya mendekam dipenjara yang sempit dengan memberikan kekuasaan di muka bumi, bahkan beliau mampu merendahkan kehormatan tuannya oleh sebab perlakuan isterinya. Inilah sunnatullah yang berlaku di tengah hamba-Nya, baik dahulu maupun sekarang hingga datangnya hari kiamat.

Tatkala para Shahabat Nabi dari kalangan Muhajirin meninggalkan rumah-rumah mereka dan tanah air mereka yang hal itu adalah sesuatu yang paling mereka cintai, maka Allah memberi ganti atas perjuangan mereka dengan menaklukan kekuatan dunia serta kekuasaan di muka bumi yang mencapai belahan timur hingga bagian barat.

Andaikata ada seorang pencuri yang takut kepada Allah dan mau meninggalkan perbuatannya semata-mata karena Allah, maka Dia akan memberi ganti berupa harta yang semisal lagi halal atas dirinya.

ومن يتق الله يجعل له مخرجا ويرزقه من حيث لا يحتسب

“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah, niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rizki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (Ath-Thalaq: 2-3)

Allah memberitahukan bahwa jika pencuri itu bertaqwa kepada-Nya dengan tidak mengambil harta yang haram maka Allah akan memberi rizki kepadanya dari arah yang tidak disangka-sangka. 

Begitu pula seorang pezina, jika ia meninggalkan perbuatannya itu semata-mata karena Allah maka Dia akan menggantinya dengan sesuatu yang lebih baik lagi halal. (Disadur dari kitab “Raudhatul Muhibbin wa Nuzhatul Musytaqin” karya Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah bab 27 secara ringkas)

✒_____
Fikri Abul Hasan

》》WhatsApp Group《《
"Al-Madrasah As-Salafiyyah"
WASL | " مجموعة المدرسة السلفية "

0 comments:

Posting Komentar