Minggu, 11 September 2016

Ibadah Qurban Realisasi Taqwallah

Allah berfirman:

لن ينال الله لحومها ولا دماؤها ولكن يناله التقوى منكم

“Daging-daging (hewan qurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, akan tetapi yang sampai kepada-Nya ialah ketaqwaan kamu.” (Al-Hajj: 37)

Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah berkata:

فالمقصود تقوى القلوب لله وهو عبادتها له وحده دون ما سواه . بغاية العبودية له والعبودية فيها غاية المحبة وغاية الذل والإخلاص وهذه ملة إبراهيم الخليل . وهذا كله مما يبين أن عبادة القلوب هي الأصل كما قال النبي صلى الله عليه وسلم { إن في الجسد مضغة إذا صلحت صلح الجسد كله وإذا فسدت فسد الجسد كله ألا وهي القلب } والنية والقصد هما عمل القلب فلا بد في المتابعة للرسول صلى الله عليه وسلم من اعتبار النية والقصد

“Maka tujuannya adalah ketaqwaan hati yakni amal ibadahnya hanya ditujukan untuk Allah semata, bukan untuk selain-Nya; dengan setinggi-tinggi penghambaan diri kepada-Nya. Dalam penghambaannya terkandung setinggi-tinggi mahabbah (kecintaan) dan menghinakan diri di hadapan Allah serta keikhlasan. Inilah ajaran yang dipelopori nabiyullah Ibrohim Al-Kholil ‘alaihissalam. Semua ini menjelaskan bahwa ibadahnya hati merupakan perkara yang paling asasi. Sebagaimana sabda Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya dalam jasad itu ada segumpal daging, jika ia baik maka akan menjadi baik seluruh tubuh, namun jika ia rusak maka akan rusak pula seluruh tubuh. Ketahuilah segumpal daging itu adalah jantung (hati).” Niat dan tujuan merupakan amalan hati yang harus diiringi dengan semangat mutaba’ah (mengikuti) Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam dalam mewujudkan keduanya.” (Majmu’ Fatawa 17/485)

Al-Hafidzh Ibnu Katsir Al-Qurosyi Asy-Syafi’i berkata:

قال ابن أبي حاتم: حدثنا علي بن الحسين، حدثنا محمد بن أبي حماد، حدثنا إبراهيم بن المختار، عن ابن جريج قال: كان أهل الجاهلية ينضحون البيت بلحوم الإبل ودمائها، فقال أصحاب رسول الله صلى الله عليه وسلم: فنحن أحق أن ننضح، فأنزل الله: { لَنْ يَنَالَ اللَّهَ لُحُومُهَا وَلا دِمَاؤُهَا وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ }

“Ibnu Abi Hatim berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Ali bin Al-Husain, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abi Hammad, telah menceritakan kepada kami Ibrohim bin Al-Mukhtar, dari Ibnu Juraij, ia berkata, dahulu orang-orang jahiliyah melumuri Ka’bah dengan daging-daging dan darah-darah unta, lantas para Shohabat mengatakan, “Kami lebih pantas melakukan itu daripada mereka, maka Allah menurunkan ayat, ”Daging-daging (hewan qurban) dan darahnya itu sekali-kali tidak akan sampai kepada Allah, akan tetapi yang sampai kepada-Nya ialah ketaqwaan kamu.” (Tafsir Ibnu Katsir 5/431)

Syaikh Al-'Allamah ‘Abdurrohman bin Nashir As-Sa’di berkata:

ليس المقصود منها ذبحها فقط. ولا ينال الله من لحومها ولا دمائها شيء، لكونه الغني الحميد، وإنما يناله الإخلاص فيها، والاحتساب، والنية الصالحة، ولهذا قال: { وَلَكِنْ يَنَالُهُ التَّقْوَى مِنْكُمْ } ففي هذا حث وترغيب على الإخلاص في النحر، وأن يكون القصد وجه الله وحده، لا فخرا ولا رياء، ولا سمعة، ولا مجرد عادة، وهكذا سائر العبادات، إن لم يقترن بها الإخلاص وتقوى الله، كانت كالقشور الذي لا لب فيه، والجسد الذي لا روح فيه

“Bukanlah yang dimaksud dalam ayat tersebut hanya sekedar menyembelih hewan qurban semata. Daging-daging qurban dan darah-darah yang mengalir itu tidak akan sampai kepada Allah sedikitpun karena Dia mahakaya lagi mahaterpuji. Akan tetapi yang sampai kepada Allah hanyalah niat yang ikhlas dalam menyembelih, ihtisab (mengharap pahala) serta kesholihan hati. Oleh sebab itu Allah mengatakan, “Akan tetapi yang sampai kepada-Nya itu ialah ketaqwaan kamu”. Dalam ayat ini terkandung motivasi ikhlas dalam berqurban. Yakni mengharapkan Wajah Allah semata dari amal ibadahnya. Bukan untuk kesombongan, riya’, sum’ah atau sebagai rutinitas belaka yang dilakukan setiap tahun. Begitu pula segenap amalan ibadah, bila tidak disertai niat yang ikhlas padanya dan taqwallah maka keadaannya seperti kulit tanpa isi atau jasad tanpa ruh.” (Taisirul Karimirrahman fi Tafsir Kalamil Mannan 1/538)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar