Selasa, 26 April 2016

Waktu Terbaik Menghafal & Muraja'ah

Assalamu'alaikum, kapan waktu terbaik murojaah Ustadz? Dan kapan waktu terbaik untuk menghafal? Jazakumullah khoir.

Jawab: Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh. Waktu yang terbaik untuk menghafal dan muraja’ah (mengulang hafalan atau ilmu) ialah di waktu sahur, pagi hari, tengah hari dan malam hari. Akan tetapi waktu malam lebih baik dari siang hari. Kemudian juga saat lapar lebih baik ketimbang dalam kondisi kenyang. Demikian yang disampaikan Al-Khathib Al-Baghdadi sebagaimana yang dikutip oleh Ibnu Jama'ah dalam "Tadzkiratus Sami’ wal Mutakallim". Allah berfirman:

إن ناشئة الليل هي أشد وطئا وأقوم قيلا

“Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih mengena (untuk khusyu’) dan bacaan di waktu itu lebih kokoh.” (Al-Muzammil: 6)

Ibnu 'Abbas, Adh-Dhahak dan 'Ikrimah berkata, malam hari yang dimaksud dalam ayat tersebut ialah waktu malam seluruhnya. Adh-Dhahak menambahkan, waktu malam lebih baik ketimbang siang. (Tafsir Ath-Thabari)

وإذا قام صاحب القرآن فقرأه بالليل والنهار ذكره، وإذا لم يقم به نسيه

"Jika penghafal Qur’an bangun dan ia membacanya di malam dan siang hari, maka ia akan senantiasa mengingatnya. Dan jika ia lalaikan maka ia akan terlupa.” (HR. Muslim 789)

Al-Imam Al-Munawi berkata:

 أي تعهد تلاوته ليلا ونهارا فلم يغفل عنه 

"Yakni memelihara bacaannya (dengan muraja'ah) di waktu malam dan siang maka ia tidak akan terlalaikan darinya." (Faidhul Qadhir 1/415)

Demikian pula saat sedang datang semangat dan dalam kondisi badan yang segar setelah mandi juga termasuk waktu yang efektif untuk menghafal dan muraja’ah, wabillahit tawfiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar