Senin, 28 Maret 2016

Tidak Konsekuen dengan Syahadat Apakah Murtad?

Syaikh Shalih Al-Fawzan hafidzhahullah berkata:

وأما إذا لم يعمل بمقتضى لا إله إلا الله، واكتفى بمجرد النطق بها، أو عمل بخلافها؛ فإنه يحكم بردته، ويعامل معاملة المرتدين .

“Adapun tidak mengamalkan konsekuensi “Laa Ilaaha Illallaah” namun mencukupkan diri hanya dengan ucapan semata atau melakukan hal-hal yang bertolak belakang dengannya maka ia dihukumi murtad dan diperlakukan sebagaimana orang-orang yang murtad.

وإن عمل بمقتضاها في شيء دون شيء؛ فإنه يُنظَر : فإن كان هذا الذي تركه يقتضي تركه الردة؛ فإنه يحكم بردته، كمن ترك الصلاة متعمدًا، أو صرف شيئًا من أنواع العبادة لغير الله . وإن كان هذا الذي تركه لا يقتضي الردة؛ فإنه يُعتبر مؤمنًا ناقص الإيمان بحسب ما تركه؛ كأصحاب الذنوب التي هي دون الشرك .

Namun jika seseorang beramal dengan konsekuensinya pada sebagian perkara namun tidak pada sebagian yang lain maka dalam hal ini ada rincian. Apabila yang dia tinggalkan adalah amalan yang menyebabkan murtad, maka dia dihukumi murtad; seperti orang yang meninggalkan shalat dengan sengaja atau memalingkan sesuatu dari jenis-jenis amalan ibadah kepada selain Allah (syirik). Akan tetapi, jika yang dia tinggalkan adalah amalan yang tidak menyebabkan dirinya murtad, maka dia masih dianggap sebagai seorang mu’min, namun kurang keimanannya sesuai dengan amalan yang dia tinggalkan; seperti para pelaku dosa selain kesyirikan.” (Al-Muntaqa min Fatawa Al-Fawzan)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar