Minggu, 20 Maret 2016

Sebab-Sebab Futur & Cara Menanggulanginya

Assalamu'alaikum, mohon Ustadz jelaskan secara ringkas tentang sebab-sebab futur dalam menuntut ilmu dan bagaimana cara penanggulangannya? Jazakumullah khair. 

Jawab: Wa'alaikumussalam warohmatullah wabarokatuh. Di antara sebab-sebab futur (jenuh atau lemah semangat) dalam tholabul 'ilmi yang disebutkan oleh para Ulama adalah kurangnya keikhlasan hati, jauh dari halaqoh ilmu dan teman-teman yang sholih, fitnah ujian berupa harta, isteri dan anak, serta lemahnya kesabaran. 

Adapun cara menanggulanginya adalah dengan berdoa kepada Allah, memohon agar diberi keistiqomahan, dan berupaya memperbaiki sebab-sebab tersebut di atas dengan cara yang benar. Allah berfirman:

“Dan bersabarlah engkau bersama orang-orang yang menyeru ke jalan Robbnya di pagi dan petang hari demi mengharap Wajah-Nya; dan janganlah kedua matamu berpaling dari mereka karena mengharapkan perhiasan dunia." (Al-Kahfi: 28)

Dari Abdullah bin 'Amr rodhiyallahu 'anhuma, bahwa Nabi shollallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Sesungguhnya pada setiap amalan ada masa semangatnya dan saat-saat semangat ada masa futurnya. Barangsiapa yang semangatnya kepada sunnahku maka ia telah beruntung dan barangsiapa yang futurnya kepada selain sunnahku maka ia telah binasa." (HR. Ahmad 6764 dishohihkan oleh Syaikh Al-'Allamah Muqbil Al-Wadi'i dalam "Al-Jami'us Shohih Mimma Laisa fis Shohihain" 3250)

Dalam riwayat lain, "Barangsiapa yang futurnya kepada bid'ah maka ia telah sesat dan barangsiapa yang futurnya diarahkan kepada sunnah maka ia telah mendapat petunjuk." (HR. Ahmad 23521 dishahihkan oleh Syaikh Al-'Allamah Muqbil Al-Wadi'i dalam "Al-Jami'us Shohih Mimma Laisa fis Shohihain" 3251)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar