Kamis, 11 Februari 2016

Berkenalan dengan Asy-Syaikh Al-‘Allamah Al-Muhaddits Al-Faqih Muhammad bin Ali bin Adam Al-Itsyubi

Syaikh Al-'Allamah Muhammad bin Ali Al-Itsyubi termasuk ulama kibar (senior) dan beliau membuka halaqoh di Masjidil Harom Makkah.

Al-Itsyubi nisbat kepada Etiopia negeri tempat beliau berasal. Beliau menimba ilmu dari ayahanda yaitu Asy-Syaikh Al-‘Allamah Ali bin Adam Al-Itsyubi dan sejumlah ulama yang lain.

Kesabaran dan kesungguhan beliau menjadikan beliau rampung menghafal Qur'an di sisi ayahnya. 

Syaikh Muhammad saat ini aktif mengajar di Babul Malik Fahd Masjidil Harom. Bagi yang berkesempatan ke Makkah luangkan waktu untuk menghadiri halaqoh beliau setiap hari (selain Jumat) selepas Isya. Beliau adalah sosok ulama yang tidak menyukai kemasyhuran. 

Di antara karya ilmiyah beliau yang fenomenal adalah kitab “Syarh Sunan An-Nasa’i” sebanyak 40 jilid dan “Syarh Shohih Muslim” yang sudah rampung dan naik cetak.

Meski Syaikh Muhammad tidak menyandang gelar akademik, akan tetapi kedalaman ilmu beliau dan karya tulisnya telah diakui oleh para Ulama.

Berikut pujian para Ulama terhadap beliau yang kami kutip dari halaman ajurry: 

Syaikh Al-'Allamah Al-Albani berkata:


 لا يعرف شرح سلفي على سنن النسائي مثله 

“Tidak diketahui ada syarh (penjelasan) Salafy terhadap kitab “Sunan An-Nasa’i” semisal karya beliau.” 

Syaikh Al-'Allamah Muqbil bin Hadi Al-Wadi’i berkata:


 وإنني أنصح طلبة العلم أن يحرصوا على اقتناء هذا الكتاب العظيم فما كلُّ محدِّث في هذا الزمان يستطيع أن يأتي بمثل هذا الشرح 

"Dan aku nasehatkan tholabatul ‘ilm (para penuntut ilmu) agar bersemangat mencurahkan perhatiannya terhadap kitab yang agung ini. Tidak semua muhaddits (ahli hadits) di zaman ini mampu menulis syarh seperti ini.”

Syaikh Robi’ bin Hadi Al-Madkholi berkata:


 أنه عالم في كل فن 

“Beliau adalah seorang Ulama yang pakar dalam semua disiplin ilmu.” 

Semoga Allah senantiasa menjaga Syaikh Muhammad bin Ali Al-Itsyubi. 

Fikri Abul Hasan

1 komentar:

  1. Yang saya tahu gelar Al muhaddist itu bagi ulama yang menguasai ilmu-ilmu hadist, telah hafal ribuan hadist dan menguasai ilmu syariat lainnya.

    BalasHapus