Minggu, 31 Januari 2016

Sa'id bin Al-Musayyib Imam Kalangan Tabi'in

Beliau adalah seorang Ulama senior dari kalangan tabi’in (murid-murid Shahabat). Di antara Shahabat Nabi yang beliau riwayatkan ilmunya adalah Abu Bakr As-Shiddiq (secara mursal), ‘Umar bin Al-Khatthab, ‘Utsman bin ‘Affan, Ali bin Abi Thalib, Sa’ad bin Abi Waqqash, Ibnu ‘Abbas, Ibnu ‘Umar, Ibnu ‘Amr bin Al-‘Ash, Abu Dzar Al-Ghifari, Abu Hurairah (mertua beliau), ‘Aisyah, Asma’ bintu ‘Umais, Khaulah bintu Hakim, Fathimah bintu Qais, Ummu Sulaim dan lainnya.


Sedangkan murid-murid beliau ialah putera beliau sendiri yaitu Muhammad, Salim bin ‘Abdillah bin ‘Umar, Az-Zuhri, Qatadah bin Di’amah, Abu Ja’far Al-Baqir, Ibnul Munkadir dan lainnya. (Tahdzibut Tahdzib 4/74-75)

Ali bin Al-Madini, “Selama ini aku belum pernah menemukan Ulama dari kalangan tabi’in yang lebih luas wawasan keilmuannya selain Sa’id bin Al-Musayyib. Menurutku beliau adalah seorang Ulama yang terhormat dan termulia.” (Tarikhul Islam 6/373)

Ibnu Hibban, “Sa’id bin Al-Musayyib termasuk pembesar tabi’in karena kefaqihannya, kewara’annya, ibadah serta kemuliaannya. Beliau adalah Ulama fiqh yang terkenal di negeri Hijaz. Selama 40 tahun beliau selalu menunggu panggilan adzan di masjid untuk menunaikan shalat berjama’ah. (Ats-Tsiqat 4/274)

Abdul Mu’in bin Idris meriwayatkan dari ayahnya, “Selama 50 tahun Sa’id bin Al-Musayyib menunaikan shalat shubuh dengan wudhu shalat Isya (senantiasa menghidupkan malam).” (Hilyatul Awliya’ 2/162)

Semoga Allah merahmati beliau.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar