Jumat, 15 Januari 2016

Anak Wanita Membawa Rohmat

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من ابتلي من البنات بشيء فأحسن إليهن كن له سترا من النار

“Barangsiapa yang diuji dengan memiliki anak-anak perempuan lalu dia dapat memeliharanya dengan baik, maka anak-anak perempuannya itu akan menjadi penghalangnya baginya dari api neraka.” (HR. Al-Bukhori dan Muslim) 

Rosulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من عال جاريتين حتی تبلغا جاء يوم القيامة أنا وهو وضم أصابعه

“Barangsiapa yang mengasuh dua orang anak perempuannya hingga dewasa, maka dia dan aku akan datang bersamaan pada hari kiamat.” Anas bin Malik berkata, Beliau sambil menggabungkan jari-jemarinya.” (HR. Muslim)

Rosulullah shollallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Barangsiapa yang memiliki tiga anak perempuan, ia memelihara mereka, mencukupi kebutuhannya dan menyayangi mereka, maka wajib baginya surga". Ada salah seorang dari kaum berkata, "Bagaimana kalau dua anak perempuan Ya Rosulullah?" Beliau menjawab, "Dua anak perempuan juga." Dalam riwayat lain ada tambahan, "Sampai-sampai kami menduga kalau saja ada orang yang berkata, "Bagaimana kalau satu anak perempuan?" maka beliau akan berkata, "Satu anak perempuan juga." (Syaikh Al-Albani menghasankan riwayat ini dalam "Ash-Shohihah" no. 1027)

"Dalam hadits ada penekanan dari Nabi terhadap hak anak-anak perempuan, karena mereka makhluk yang lemah dalam mengupayakan kemaslahatan bagi dirinya. Berbeda halnya dengan kondisi anak-anak laki yang memiliki kekuatan badan." (Fat-hul Bari)

Para Ulama juga menjelaskan bahwa siapa saja yang memelihara anak perempuan dengan memberinya nafkah berupa makanan, pakaian, tempat tinggal serta mendidiknya dengan ilmu syar'i hingga dewasa maka dia akan memperoleh keutamaan yang disebutkan dalam hadits. Namun bila sebaliknya, orangtuanya tidak peduli, maka itu pertanda jauhnya dia dari surga dan tipe orangtua yang durhaka kepada anaknya.
___________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar