Jumat, 09 Oktober 2015

Jagalah Dirimu & Keluargamu dari Kebinasaan!

Sebagai orangtua wajib membekali diri dan bertanggungjawab dalam membina keluarga di atas ilmu dan pemahaman yang benar. Jangan hanya pandai mengumpani makan saja, namun lalai dari kewajiban pendidikan syar'i serta akhlaq yang mulia.

Allah berfirman:

يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا وقودها الناس والحجارة

“Wahai orang-orang yang beriman, jagalah diri kalian dan keluarga kalian dari api neraka yang bahan bakarnya dari manusia dan batu." (At-Tahrim: 6)

Ibnu Jarir dan Ibnul Mundzir meriwayatkan dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma:

اعملوا بطاعة الله واتقوا معاصي الله ومروا أهليكم بالذكر ينجيكم الله من النار

“Beramal-lah kalian dalam ketaatan kepada Allah, jagalah diri-diri kalian dari kedurhakaan kepada-Nya, dan perintahkanlah anak-anak kalian untuk mengingat Allah. Niscaya dengan semua itu Allah akan menyelamatkan kalian dari api neraka."

Al-Imam Asy-Syafi'i berkata, "Para orangtua harus mendidik anak-anak mereka serta mengajarinya bersuci dan shalat. Hendaknya mereka pukul anak-anaknya (dengan pukulan mendidik) ketika melakukan pelanggaran jika anak-anak telah memahaminya. Orangtua juga harus mengenalkan kepada anak-anaknya semua kewajiban agama, dan memperingatkan mereka dari haramnya zina, homo, khamr, berdusta, ghibah dan keharaman yang lainnya." (Ta'liq Sunan Abi Dawud ma'a Ma'alimissunan 1/334)

Keluarga yang terbimbing di atas ilmu dan pemahaman yang benar akan menumbuhkan semangat amar ma'ruf dan cemburu terhadap kemungkaran. Bila diliputi kesenangan akan bersyukur, manakala mendapati ujian mampu bersabar. Begitulah contoh keluarga yang ideal. Sekalipun tinggal di gubuk derita dan berpenghasilan ala kadarnya.

"Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami dari isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyejuk hati, dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa." (Al-Furqan: 74)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar