Sabtu, 05 September 2015

Manisnya Ibadah Setelah 50 Tahun (Ahmad bin Harb)

Ahmad bin Harb (234 H) berkata:


عَبدْتُ اللهَ خمسين سنةً فما وجدت حلاوَةَ العبادة حتى تركتُ ثلاثة أشياء

"Aku beribadah kepada Allah selama 50 tahun, maka tidaklah aku rasakan manisnya ibadah hingga aku tinggalkan tiga perkara.

تركتُ رِضى النّاس حتى قَدَرتُ أن أتكلَّمَ بالحقِّ وتركتُ صحبةَ الفاسقين حتى وجدتُ صحبَة الصالحينَ وتركتُ حلاوة الدنيا حتى وجدتُ حلاوةَ الآخرة

1. Aku tinggalkan keridhaan manusia sehingga aku mampu menyampaikan al-haq.
2. Aku tinggalkan persahabatan dengan orang-orang fasiq sehingga aku dapati persahabatan dengan orang-orang shalih.
3. Aku tinggalkan manisnya dunia sehingga aku dapati manisnya akhirat." (Siyar A'lamin Nubala' 11/34)

Meninggalkan manisnya dunia yakni meninggalkan kesenangan-kesenangan duniawi yang melalaikan, sehingga merasakan betapa lezatnya urusannya akhirat.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar