Senin, 14 September 2015

Fiqh Sholat Ghoib

Al-Imam Ibnu Qoyyim Al-Jauziyyah menjelaskan: 

ولم يكن من هديه صلى الله عليه وسنته الصلاة على كل ميت غائب، فقد مات خلق كثير من المسلمين وهو غيب، فلم يصل عليهم، وصح عنه أنه صلى على النجاشي صلاته على الميت ، فاختلف في ذلك على ثلاثة طرق:

"Bukanlah petunjuk Nabi ﷺ dan sunnah beliau mengerjakan sholat ghoib bagi setiap orang yang meninggal dunia. Karena sangat banyak kaum Muslimin yang meninggal dunia sedang mereka tinggal jauh dari Rosulullah ﷺ tetapi beliau tidak menyolatkannya. Memang ada riwayat shohih yang menyebutkan beliau mengerjakan sholat ghoib atas Najasyi (raja Habasyah, pent) maka para Ulama berbeda pandangan mengenai hal tersebut dalam tiga pendapat:


 أن هذا تشريع وسنة للأمة الصلاة على كل غائب وهذا قول الشافعي وأحمد

 وقال، أبو حنيفة ومالك: هذا خاص به، وليس ذلك لغيره.

 وقال شيخ الاسلام ابن تيمية: الصواب أن الغائب إن مات ببلد لم يصل عليه فيه، صلي عليه صلاة الغائب كما صلى النبي صلى الله عليه وسلم على النجاشي لأنه مات ببن الكفار، ولم يصل عليه وإن صلي عليه حيث مات لم يصل عليه صلاة الغائب، لان الفرض سقط بصلاة المسلمين عليه، والنبي صلى الله عليه وسلم صلى على الغائب وتركه ، وفعله وتركه سنة.وهذا له موضع والله أعلم.

(1). Sholat ghoib seperti itu disyariatkan dan disunnahkan bagi umat Islam atas setiap muslim yang meninggal dunia di tempat yang jauh. Ini adalah pendapat Asy-Syafii dan Ahmad.

(2). Abu Hanifah dan Malik, "Sholat ghoib seperti itu berlaku khusus bagi Najasyi dan tidak untuk yang lain."


(3). Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, "Pendapat yang benar bahwa orang yang tinggal di tempat yang jauh dan ia meninggal di wilayah yang tidak ada seorangpun menyolatkannya, maka sholatkanlah dengan sholat ghoib sebagaimana yang dilakukan Nabi ﷺ terhadap raja Najasyi karena ia mati di tengah-tengah orang-orang kafir dan tidak ada yang menyolatkannya. Andaikata dia sudah disholatkan di tempat dia meninggal dunia, maka tidak  perlu lagi disholatkan dengan sholat ghoib atas jenazahnya. Kewajiban menyolatkannya telah gugur dengan sholatnya kaum Muslimin atasnya. Dan Nabi  mengerjakan sholat ghoib dan meninggalkannya. Hal-hal yang dilakukan Nabi dan hal-hal yang beliau tinggalkan, keduanya tergolong sunnah. Maka masing-masing perkara disesuaikan dengan kondisinya, wallahu a'lam. (Zadul Ma'ad 1/205-206 via "Ahkamul Jana'iz wa Bida'uha" Syaikh Al-'Allamah Al-Albani)


Pendapat yang rojih di sisi kami adalah pendapat yang disampaikan oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah dengan merinci keadaannya. Pendapat ini yang dipegang oleh sebagian Muhaqqiq dari kalangan Syafiiyyah Ibnul Qoyyim, Syaikh Al-Albani, Syaikh Al-'Utsaimin dan yang lainnya, wabillahit tawfiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar