Senin, 14 September 2015

Bolehkah Menawarkan Diri kepada Lelaki yang Shalih?

Ustadz, bolehkah seorang wanita menawarkan dirinya kepada lelaki untuk menikahinya?? Syukron

Jawab: Al-Imam Al-Bukhari dalam shahihnya, "Kitabun Nikah", meletakkan satu bab khusus yang berjudul:

باب عرض المرءة نفسها على الرجل الصالح

("Bab Seorang Wanita Menawarkan Dirinya Kepada Lelaki yang Shalih")

Judul bab yang diletakkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dalam shahihnya bukan sembarang judul. Tetapi hal itu adalah cerminan fiqh (pemahaman) beliau setelah mendalami berbagai riwayatnya.

Kemudian beliau menyampaikan riwayat Sa’id Al-Bunani, ia berkata, “Dahulu aku bersama Anas dan ada anak perempuannya di sisi beliau. Anas berkata, “Datang seorang perempuan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan mengatakan, “Wahai Rasulullah apakah engkau berhajat untuk menikah denganku?”. Anak perempuan Anas berkata, “Betapa kurang rasa malunya! (sambil menyebutkan ungkapan tidak senang). Lantas Anas berkata, “Dia lebih baik darimu, dia menginginkan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam maka dia menawarkan dirinya kepada beliau."

Maka diperbolehkan seorang wanita menawarkan dirinya kepada lelaki yang baik agamanya dan dikenal keshalihannya. Hal itu bukanlah aib, justru yang tercela bila ia melakukannya semata-mata karena orientasi dunia sebagaimana yang ditegaskan oleh Al-Imam Al-'Aini dan para Ulama selain beliau, wa billahit tawfiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar