Sabtu, 05 September 2015

Al-Qur'an Memberi Syafa'at Bagi Pembacanya

Sesibuk apapun urusan dunia, maupun aktivitas di sosial media, jangan sampai melalaikan kita dari membaca “kalamullaah” (Al-Qur’an). Sekalipun hanya lima atau sepuluh ayat setiap harinya. Allah berfirman:

“Sungguh orang-orang yang senantiasa membaca Al-Qur’an, dan menegakkan shalat, dan menafkahkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka baik secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak ada ruginya. Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka, dan menambah karunia-Nya kepada mereka. Sesungguhnya Allah Mahapengampun lagi Mahamensyukuri.” (Fathir: 29-30)

Dari Abu Umamah Al-Bahili, ia berkata, “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:


اقرءوا القرآن فإنه يأتي يوم القيامة شفيعا لأصحابهِ

“Bacalah oleh kalian Al-Qur’an karena sungguh kelak ia akan datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafa’at bagi orang yang membacanya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam juga bersabda:


إن أحسن الناس قراءة الذي إذا قرأ رأيت أنه يخشی الله

"Sesungguhnya orang yang paling baik bacaan qur'annya ialah orang yang bila membacanya engkau akan melihatnya ia takut kepada Allah." (Silsilah As-Shahihah no. 1583)

Yakni takut dari menyelisihi perintah Allah dan Rasul-Nya. Itu bacaan Qur'an yang memberi manfaat bagi pembacanya. Semoga ayat-ayat yang kita baca dapat menjadi penyejuk hati, penghilang gundah gulana, serta membuahkan ketaatan kepada syari'at Allah dan Rasul-Nya. Wa billahit tawfiiq.

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar