Jumat, 17 Juli 2015

Nasehat Berharga di Hari 'Ied (Syaikh Abdurrazzaq Al-Badr - Ulama Madinah)

Syaikh Abdurrazzaq Al-Badr menyampaikan:


وتذكروا وأنتم تعيشون فرحة العيد السعيد بالحلل البهية والملابس الجميلة إخواناً لكم أرَّقهم الفقر وعظمت فيهم الحاجة

"Ingatlah oleh kalian, saat ini kalian sedang bersuka cita di hari 'ied yang berbahagia dengan pakaian yang bagus dan baju-baju yang indah. Sementara saudara-saudara kalian ada yang tidak bisa tidur karena kefaqirannya. Dan mereka sangat membutuhkan uluran tangan.

فمنهم من لا يجد لباساً يواريه أو مسكناً يؤويه أو طعاماً يغذيه أو شراباً يرويه ، بل منهم من مات في مجاعاتٍ مهلكة وقحطٍ مفجع

Di antara mereka ada yang tidak punya pakaian untuk menutupi auratnya, tidak punya tempat tinggal untuk bernaung, tidak makan dan tidak minum. Bahkan mereka mati karena busung lapar dan paceklik yang membinasakan. 


فاحمدوا الله على ما أنتم فيه من نعمة ولا تنسوا إخوانكم هؤلاء من دعوات صالحة أن يغني الله فقيرهم ويشبِع جائعهم ويسد حاجتهم ويكشف فاقتهم ويقضي دينهم

Maka bersyukurlah kalian kepada Allah atas karunia yang telah Allah berikan, dan janganlah kalian melupakan mereka, sekalipun hanya dengan mendoakan kebaikan, sehingga mereka dapat keluar dari kefaqiran, selamat dari busung lapar, tercukupi kebutuhannya, terlepas dari kesulitan dan dapat menunaikan kewajiban-kewajiban agama.


وتذكروا باجتماعكم يوم العيد يوم الجمع الأكبر حين تقومون يوم القيامة لرب العالمين حافيةً أقدامكم عاريةً أجسامكم شاخصةً أبصاركم

Ingatlah oleh kalian, pada hari 'ied ini kalian berkumpul. Refleksikanlah dengan hari dimana kalian semuanya  akan dikumpulkan menghadap Tuhan kalian Sang Pencipta alam. Kelak pada hari itu kalian tidak beralas kaki, tidak berpakaian, dan mata-mata kalian nampak ketakutan.


يوم تُنشر الدواوين وتُنصب الموازيين { يَوْمَ يَفِرُّ الْمَرْءُ مِنْ أَخِيهِ [34] وَأُمِّهِ وَأَبِيهِ [35] وَصَاحِبَتِهِ وَبَنِيهِ [36] لِكُلِّ امْرِئٍ مِنْهُمْ يَوْمَئِذٍ شَأْنٌ يُغْنِيهِ } [عبس: 34-37]

Pada hari itu ditunjukkan catatan-catatan amal kalian, dan ditegakkan neraca timbangan. Allah berfirman, "Pada hari itu manusia lari dari saudaranya, lari dari ayah dan ibunya, lari dari isteri dan anak-anaknya, pada hari itu setiap orang mempunyai urusan yang sangat menyibukkannya." ('Abasa: 34-37)


فأعدّوا لذلك اليوم عدَّته وتزودوا ما دمتم في دار العمل فإن خير الزاد التقوى

Maka persiapkanlah oleh kalian bekal untuk hari itu selama kalian masih dapat beramal di dunia. Karena sebaik-baik bekal adalah taqwa. (Via al-badr secara ringkas)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar