Rabu, 08 Juli 2015

Sikap Adil Salafy Terhadap Ulamanya

Syaikh Al-'Allamah Sholih Al-Fawzan menasehatkan:


كذلك من العلماء البارزين الذين لهم قدم في الدعوة، فضيلة الشيخ عبدالمحسن العباد، فضيلة الشيخ ربيع هادي، كذلك فضيلة الشيخ صالح السحيمي، كذلك فضيلة الشيخ محمد أمان الجامي، إن هؤلاء لهم جهود في الدعوة والإخلاص، والرد على من يريدون الإنحراف بالدعوة عن مسارها الصحيح، سواء عن قصد أو عن غير قصد، هؤلاء لهم تجارب ولهم خبرة ولهم سبر للأقوال ومعرفة الصحيح من السقيم، فيجب أن تُروَّج أشرطتهم ودروسهم وأن ينتفع بها؛ لأن فيها فائدة كبيرة للمسلمين.“

“Para Ulama yang terkemuka dalam dakwah di antara mereka adalah fadhilatus Syaikh Abdul Muhsin Al-‘Abbad, fadhilatus Syaikh Robi' bin Hadi, fadhilatus Syaikh Sholih As-Suhaimi, fadhilatus Syaikh Muhammad Aman Al-Jami. Mereka adalah para Ulama yang memiliki kesungguhan dalam dakwah dan keikhlasan, serta membantah siapa saja yang ingin menyelewengkan dakwah ini dari jalan yang benar. Mereka adalah para Ulama yang berpengalaman, ahli dan jeli terhadap perkataan-perkataan yang menyimpang dan membedakan mana yang shohih dan mana yang berpenyakit. Maka sudah semestinya menyebarkan kaset-kaset mereka, pelajaran-pelajaran mereka, ambillah manfaat darinya, karena di sana ada faidah yang besar bagi kaum Muslimin.” (Ats-Tsana’ul Badi' Minal Ulama’ ‘alas Syaikh Robi’ hal. 19-20)

Syaikh Abdullah Al-Bukhori mengingatkan, “Jika aku berkata, “Hadirilah oleh kalian halaqohnya Syaikh Abdul Muhsin Al-‘Abbad!”, itu tidak berarti aku menganggap semua yang disampaikan oleh Syaikh benar. Begitu pula dengan Syaikh Robi’ Al-Madkholi, Syaikh ‘Ubaid Al-Jabiri, Syaikh Abdul Aziz Alu Syaikh. 


Ketahuilah, para Ulama fatwa mereka bisa benar bisa salah. Di satu sisi mereka berkata benar, di sisi lain adakalanya mereka keliru. Sikap kita terhadap para Ulama sama seperti sikap kita terhadap Imam Ahmad, Imam Malik yang fatwa mereka bisa benar, bisa salah dan kami hanya menerima kebenaran.” (Via Audio)
_______________

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar