Jumat, 17 Juli 2015

Sibuk dengan Ilmu & Waspada dari Hizbiyyah!


Tidak setiap orang yang berhias dengan mutiara Salaf serta merta dianggap sebagai Salafy. Kesalafiyyahan seseorang ditentukan oleh sejauh mana pengamalan dirinya di atas manhaj dan aqidah Salafussholih. Darisana akan diketahui mana yang benar-benar mengikuti Salaf dan mana yang hanya mengaku-ngaku saja.

Syaikh Al-'Allamah Zaid Al-Madkholi pernah ditanya, "Apa nasehat Anda wahai Syaikh bagi seorang pemula (dalam tholabul 'ilmi) menyibukkan dirinya dengan berbagai bantahan dan ucapan para Ulama sementara dia belum berilmu tentang fiqh bersuci dan yang lainnya?


نصيحتي له أن يتفقَّه في الدين، في عقيدته وفي الشعائر التعبُّدية، وفي سلوكه وفي منهجه الذي يسير عليه، ومن ذلك كتب الردود التي رد بها السلف الصالح وأتباعهم على أهل الأهواء والبدع وما أكثرها في كل زمان ومكان.

Beliau menjawab, "Nasehatku, hendaklah seseorang mempelajari dan memahami agama ini, baik dalam hal aqidah, syariat ibadah, akhlaq maupun dalam perkara manhaj yang dia berjalan di atasnya. Termasuk pula kitab-kitab rudud yang berisi bantahan Salafussholih terhadap ahlul bid’ah. Kitab-kitab tersebut banyak kita dapati di setiap jaman dan di setiap tempat.


فلا يجوز لأحد أن يتذرَّع بقلة الفقه في الطهارة أو الصلاة يتذرع بذلك ليُحرِم الناس من سماع كتب الردود وكتابتها والاستفادة منها وقراءتها، وإنما الدين كامل فكما يجب أن نتفقه في العقيدة وفي الشعائر التعبدية نتفقَّه كذلك في المنهج العملي وفي السُّنة لنعمل بها ونتعرف على ضدها لنجتنبه وهي البدعة

Maka tidak boleh bagi siapapun, menjadikan kurangnya pengetahuan seseorang tentang fiqh bersuci atau masalah sholat sebagai alasan untuk melarang manusia dari mendengar bantahan-bantahan para Ulama terhadap ahlul batil, membaca tulisan-tulisannya, serta mengambil faidah darinya. Sesungguhnya agama ini telah sempurna, maka kita wajib mempelajari aqidah dan syariat ibadah, sebagaimana kewajiban mempelajari manhaj yang bersifat amaliyyah, memahami sunnah agar dapat mengamalkannya, serta mengetahui lawannya supaya kita dapat menjauhi bid’ah.


فهذا هو الذي ينبغي أن يكون، فلا يجوز لأحد أن يقول للناس اتركوا هذه الردود واتركوا كذا وكذا وعليكم بكذا، هذا بدون علم يقول، لأنه إن لم يعرف الشر وقع فيه، والردود تبيِّن طريق الخير من طرق الشر، فيسمع الشريط ويقرأ الكتاب ويسمع من العالم في جميع مراتب الدين: عقيدة وشريعة، سُنَّة ومنهج

Manhaj seperti inilah yang semestinya ditempuh oleh setiap penuntut ilmu. Maka tidak boleh bagi siapapun berkata kepada manusia, "Tinggalkan oleh kalian bantahan-bantahan ini! tinggalkan ini dan itu! Mestinya kalian begini dan begitu!” Ini adalah omongan tanpa ilmu.  Karena bilasaja seseorang tidak mengenali kejelekan, niscaya dia akan terperosok ke dalamnya. Justru dengan bantahan-bantahan itu akan tersingkap jalan kebaikan dari jalan-jalan kejelekan. Maka hendaklah dia mendengar rekaman, membaca kitab, dan mendengar dari seorang 'alim mengenai seluruh tingkatan agama, baik dalam perkara aqidah, syariat, sunnah, dan manhaj.


وما عُرف لنا أصحاب البدع من قديم الزمان من عهد الصحابة إلى يومنا هذا إلا بواسطة كتب الردود عليهم. فلو لم توجد كتب الردود في الأزمنة والأمكنة ما عَرَفَ الناس أهل البدع ولا استطاعوا أن يُحذِّروا من مبتدع.

Tidaklah diketahui kebatilan ahlul bid’ah sejak dulu di masa shohabat sampai saat ini kecuali melalui kitab-kitab bantahan para Ulama atas mereka. Andaikata kitab-kitab bantahan tersebut tidak didapati di berbagai tempat dan jaman, maka manusia tidak akan mengetahui kebatilan ahlul bid’ah dan tidak mampu mentahdzir (memperingatkan umat) dari bahayanya.


وعلى أهل الردود عليهم عهد الله وميثاقه أن لا يقولوا إلا الحق، ولا يتهموا مَنْ ليس لهم عليه بينة ومعرفة من كتابته أو مطوياته أو شريطه أو كتابه المؤلَّف.

Kendati demikian, wajib bagi para Ulama yang membantah kebatilan ahlul bid'ah, memenuhi janjinya kepada Allah untuk tidak berkata kecuali kebenaran, serta tidak menuduh seorangpun tanpa bukti ilmiyyah baik melalui tulisan-tulisan mereka catatan-catatan, rekaman, maupun karya tulisnya.


هذي طريقة الردود، وبدون ذلك لا يجوز لأحد أن يرد على سبيل الظن والاتهام بدون حقيقة.

Begitulah manhaj dalam membantah, selain itu, tidak boleh bagi siapapun melontarkan bantahan hanya berdasarkan asumsinya semata atau tuduhan tanpa bukti." (Via Sahab As-Salafiyyah)

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar