Jumat, 17 Juli 2015

Bila 'Ied di Hari Jumat, Wajibkah Sholat Jumat?

Dari Atho bin Abi Robah ia berkata:

صلى بنا ابن الزبير في يوم عيد في يوم جمعة أول النهار ثم رحنا إلى الجمعة فلم يخرج إلينا فصلينا وحدانا وكان ابن عباس بالطائف فلما قدمنا ذكرنا ذلك له فقال أصاب السنة

"Ibnu Az-Zubair sholat mengimami kami di hari ‘ied pada hari Jumat di awal siang, lalu kami berangkat menuju masjid untuk sholat Jum'at, ternyata Ibnu Zubair tidak keluar untuk sholat Jumat, lantas kami sholat sendiri. Ibnu Abbas saat itu sedang berada di Tho'if. Sepulangnya beliau, kami menyampaikan hal itu kepadanya maka Ibnu Abbas berkata, "Ibnu Zubair telah mencocoki sunnah." (Atsar riwayat Abu Dawud 1071)

Sanad riwayat ini sekalipun ada kelemahan tetapi terangkat menjadi shohih karena adanya mutabi' (sanad pendukung). Dan penegasan Ibnu Abbas di atas menunjukkan marfu'-nya riwayat ini secara hukum artinya perbuatan Ibnu Zubair tersebut berdasarkan sunnah Nabi ﷺ, dimana beliau bersabda, “Siapa yang ingin sholat Jumat (di hari 'Ied) maka hendaknya dia sholat.” (HR. Abu Dawud 1070, An-Nasa'i 1592, Ibnu Majah 131)

Para Ulama yang tergabung dalam "Lajnah Da'imah" berkata, "Orang yang tidak mendatangi sholat Jumat setelah sholat ‘ied maka wajib baginya untuk menunaikan sholat Dzhuhur seperti berdasarkan keumuman hadits." (Fatwa 2358)

Kendati demikian, bagi imam masjid hendaknya tetap melaksanakan sholat Jumat sebagaimana perbuatan Rosulullah ﷺ yang tetap menjadi khothib dan imam sholat (Shohih Muslim 878).

Fikri Abul Hasan

0 comments:

Posting Komentar